Farmasi Unsoed

Farmasi Unsoed merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan di Unsoed. Jurusan Farmasi ini pada awalnya adalah Program Sarjana Farmasi (PS Farmasi) yang berdiri setelah dikeluarkannya SK dari Dirjen Dikti yaitu 598/D/t/2005 pada bulan Maret. Berdirinya PS Farmasi bersamaan dengan Program Sarjana Pendidikan Keperawatan.

Pembentukan PS Farmasi ini melibatkan banyak pihak yang membantu dalam proses yang berjalan cukup lama. Drs. Ahaditomo,M.S. (yang pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia atau ISFI) dan Prof. Dr. Ma’arifin Husin (Sekjen Konsorsium Ilmu Kesehatan), merupakan beberapa diantara yang turut membantu dalam proses pendirian PS Farmasi. Beliau-beliau ini yang ditunjuk sebagai Pembina pembentukkan PS Farmasi di Unsoed. Sebagai langkah awal dibentuklah Tim POKJA (Program Kerja) yang terdiri atas orang-orang yang saat ini menjadi tenaga pengajar tetap, tenaga pengajar tambahan dari PS MIPA, serta didukung oleh pihak rektorat. Oleh karena PS Farmasi Unsoed masih baru, maka pelaksanaannya langsung di bawah binaan dari Fakultas Farmasi UGM. Pada tahun 2007 Program Sarjana Farmasi diubah menjadi Jurusan Farmasi yang berada di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu-lmu Kesehatan (FKIK) Unsoed yang terdiri dari Jurusan Kedokteran, Jurusan Farmasi, Jurusan Keperawatan dan Jurusan Kesehatan Masyarakat serta jurusan terbaru di FKIK yaitu Jurusan Kedokteran Gigi.

Jurusan Farmasi Unsoed berbeda dengan yang lain karena Jurusan Farmasi Unsoed berkonsep yang mengarah pada Farmasi Klinik dan Komunitas yang berasaskan ‘patient oriented’. Maksud dari ‘patient oriented’ adalah profesionalisme yang cenderung mengarah pada pelayanan pasien, sehingga seorang apoteker diharuskan dapat melayani kebutuhan dan keinginan pasien dalam hal obat, baik pelayanan terapi maupun konsultasi.

Jurusan Farmasi saat ini menempati gedung pink yang berada di Jl. Soeparno, Karangwangkal. Di gedung ini, Jurusan Farmasi berbagi atap dengan Jurusan Keperawatan. Fasilitas yang tersedia di Jurusan Farmasi meliputi ruang kuliah full AC, multimedia pendukung perkuliahan, laboratorium komputer yang menyediakan akses gratis internet dan layanan hotspot, laboratorium Farmasetika, laboratorium Farmakologi, dan laboratorium Biologi-Kimia Farmasi. Guna menunjang fasilitas laboratorium lebih lanjut Jurusan Farmasi juga melakukan facility sharing dengan laboratorium jurusan lain, seperti kedokteran, dan fakultas lain seperti Fakultas Biologi serta Fakultas MIPA terutama Jurusan Kimia. Mahasiswa Jurusan Farmasi juga dapat mengakses layanan perpustakaan se-FKIK dalam menunjang kebutuhan referensi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s